Mengenal Apa Itu Ransomware


Mengenal apa itu ransomware

Dipembahasan kali ini saya akan mengenalkan kepada anda semua apa itu Ransomware. Ransomeware adalah sebuah virus yang dapat menginveksi komputer anda bahkan smartphone anda. Bukan hanya sekedar virus biasa, virus ini dapat mengenskripsi file-file yang ada dalam komputer anda. Yang paling mengesalkan lagi, untuk membuka file-file sobat, sobat harus membayar dulu agar semua file yg dienkripsi tersebut dapat terbuka, sayang banget loh! apalagi file-file yang sangat berguna ataupun file pribadi. Ya jadi maksud jelasnya dari Ransomware adalah virus yang dapat mengenkripsi file-file penting di laptop sobat dan cara membuka file tersebut harus menebus file-file penting tersebut untuk dibuka kembali.


Apasih penyebab munculnya virus ransomware di komputer kita?

Biasanya sobat asal klik link dari email ataupun dari tempat lainnya, dan ternyata link tersebut telah disisipkan virus ransomware, dan virus itupun akan memasuki kompuer kalian. Dan bukan hanya link saja yang di berikan oleh si pelaku, bisa dokumen, ataupun yang lainnya.

Selain dari link yang disisipkan virus ransomware ini, biasanya kita salah download sebuah software, yang dimana software tersebut telah dimasukan virus ransomware, dan tanpa kita sadari virus tersebut telah mengenkripsi file-file penting kamu.


Bahaya terkena serangan virus ransomware

Virus ini sangat berbahaya sekali, selain mengunci file-file komputer kita, virus ini juga dapat menghentikan sistem kerja komputer secara total. Selain menginveksi file-file, virus ini juga dapat menginveksi sistem operasi, maksudnya apabila sobat ingin menginstall ulang komputer sobat, kemungkinan semua file akan tetap terkunci, dan usaha itu hanya sia-sia saja


Sedikit tips dari saya untuk sobat, jangan asal asalan klik suatu link, satu klik saja akan berakibat sangat fatal, dan jangan asal asaln juga download sebuah software karena akan membahayakan komputer sobat. always be careful when surfing the internet 




Postingan terkait:

5 Tanggapan untuk "Mengenal Apa Itu Ransomware"

  1. waduh... mengerikan juga nih... lebih waspada lagi dari sekarang

    ReplyDelete
  2. Bahaya juga ya. Mesti banyak hati-hati

    ReplyDelete
  3. wahhh,, intinya harus hati hati nihh

    ReplyDelete
  4. Terus selain membayar biar folder kita kebuka, apakah ada cara lain lagi agar bisa terbuka filenya?

    ReplyDelete