Pengertian, Fungsi, Dan Cara Kerja CSS


Pengertian CSS
Biasanya CSS berhubungan dengan HTML kan?, Ya berarti sebelum memasukin lingkungan CSS sobat juga harus tau apa itu html, jika html aja tidak tahu gimana mau belajar CSSnya?. CSS tidak jauh beda dengan html, cuman CSS lebih rumit untuk dipelajari. Selain kode yang susah dihafal, CSS juga tidak bisa sekali belajar langsung bisa. Kita harus belajar berulang kali agar hafal kode kode atau script CSS tersebut.

CSS (Cascading Style Sheet) adalah salah satu bahasa desain web (style sheet language) yang mengontrol format tampilan sebuah halaman web yang ditulis dengan menggunakan penanda(markup laguage. Biasanya CSS digunakan untuk mendesain sebuah halaman HTML dan XHTML, tetapi sekarang CSS bisa diaplikasikan untuk segala dokumenXML, termasuk SVG dan XUL bahkan ANDROID.

Struktur CSS

CSS juga memiliki struktur bagian strutur. Bagian pertama sebelum tanda {} dinamakan selector, sedangkan yang diapit {} dinamakan declaration.Berikut struktur CSS

  • Perintah CSS terdiri dari dua komponen yaitu Selector dan Declaration
  • Selector berfungsi untuk memberi tahu browser bahwa pada elemen mana rule CSS diterapkan.
  • Selector dapat berupa elemen HTML, selector class atau selector id.
  • Declaration merupakan aturan CSS yang diterapkan, terdiri atas property dan value.
Fungsi CSS



Fungsi CSS banyak sekali bagi Web. Fungsinya yaitu sebagai Merancang, Merubah, Mendesain Sebuah web. CSS itu dapat merubah tag-tag HTML yang sederhana menjadi sebuah tag yang sangat menarik. Peran CSS sangat berguna dalam pembuatan website

Cara Kerja CSS

Untuk cara kerja css itu sebenarnya sangatlah mudah,  disini kita hanya perlu menulis stylenya saja (selector id dan class tersesuaikan) maka dengan itu secara otomatis akan bekerja pada document html juga.

Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "Pengertian, Fungsi, Dan Cara Kerja CSS"