Ciri Komputer Terkena Hack


Keamanan Komputer adalah salah satu ancaman untuk siapa saja yang melakukan kegiatan online. Walaupun komputer sudah terinstall antivirus tapi hal itu tidak menjamin jika komputer anda akan benar-benar aman dari serangan cyber crime atau kejahatan dunia maya. Nah untuk itu kita harus tahu bagaimana ciri-ciri komputer yang terkena serangan hacker. Karena hacker tidak akan memberi tahu komputer yang diserangnya dan tiba-tiba komputernya akan langsung dirusak. Nah berikut adalah beberapa ciri komputer kena hack.


  1. Muncul Notifikasi Antivirus Palsu


    Di zaman yang sudah sangat canggih ini penipuan ancaman juga sudah semakin canggih. Kebanyakan malware dan virus sekarang sudah bisa menyamar menjadi antivirus dengan tampilan yang rapi dan juga meyakinkan pengguna jika itu memang antivirus asli. Malware tersebut akan muncul sebagai antivirus dan akan memunculkan notifikasi jika komputer anda sedang terkena virus dan butuh software khusus untuk mengatasinya. Sebaiknya anda bisa membedakan mana antivirus asli dan palsu agar komputer anda tidak semakin parah lagi terkena virus.
  2. Muncul Toolbar Baru Di Browser


    Ciri selanjutnya adalah pada browser muncul tollbar baru, padahal anda tidak pernah menginstall toolbar tersebut. Jika memang anda tidak pernah menginstall ekstensi tapi muncul toolbar baru maka sebaiknya anda bersihkan semua ekstensi yang tidak terkenal dari browser anda. Cukup gunakan ekstensi yang sudah terkenal dan aman. Karena biasanya ekstensi yang tidak terkenal akan menyematkan virus pada ekstensi tersebut.
  3. Pengalihan Pada Browser
    Nah yang paling pasti ciri-ciri komputer terkena serangan hacker adalah seringnya pengalihan atau redirect situs saat anda melakukan browsing. Hal ini terjadi karena hacker akan dibayar dari setiap klik atau traffic situs orang lain. Kalau kita dialihkan pada situs-situs yang biasa sih gak papa, tapi kadang kita akan dialihkan ke situs yang berbahaya. Untuk mengatasi masalah tersebut usahakan selalu gunakan browser terbaru dan jangan memasang ekstensi berbahaya dan mencurigakan.
  4. Muncul Software Baru Mencurigakan


    Sebaiknya anda selalu memperhatikan dengan teliti semua software yang terinstall di komputer anda. Ciri lainya jika komputer di hack adalah muncul software-software baru padahal kita tidak memasang atau menginstallnya. Biasanya program tersebut tersebut terinstall secara sendirinya. Anda harus bisa mengatur dengan benar Autoruns pada kmputer anda, jangan sampai ada program yang tidak diinstall tapi malah anda biarkan muncul saat komputer dinyalakan. 

Untuk mengatur autorun anda bisa dengan mengetik "msconfig" pada start dan anda jalankan. Anda pilih tab autorun dan anda hilangkan centang pada program yang dirasa mencurigakan. Jika anda menemukan program yang tidak anda install tapi muncul dengan sendirinya, bisa saja itu malware atau virus jadi sebaiknya langsung anda uninstall saja. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ciri Komputer Terkena Hack"

Post a Comment